Serba Serbi Mengenai Gamis Pria

No comment 553 views

Baju Gamis PriaGamis Pria Terbaru – Anda sekalian pasti pernah mendengar kata gamis, apa sih gamis itu? Pada dasarnya gamis atau abaya adalah model baju yang menyatu antara atasan dan bawahan, bentuknya lurus, panjang, dan longgar, baik untuk menutupi seluruh badan. Biasanya gamis digunakan oleh wanita, namun tidak menutup kemungkinan juga pria memakai gamis. Menggunakan gamis adalah suatu hal yang sunnah, baik gamis pria maupun gamis wanita karena pada zaman dahulu Nabi Muhammad SAW lebih menyukai gamis.

Gamis buat pria merupakan pakian yang dapat menutupi aurat. Nabi Muhammad SAW pun lebih menyukai gamis karena lebih menutupi, memakai gamis juga lebih simpel dan mudah dibandingkan anda yang memakai pakaian atas bawah. Di Negara Arab sendiri, para pria menggunakan gamis yang disebut Thawb. Thawb adalah gamis pria panjang putih. Thawb mempunyai makna tersendiri, yaitu kesederhanaan. Bahkan, Raja Salman sebagai orang nomor 1 di Arab pun selalu menggunakan Thawb dengan jubah lengkap dan penutup kepala atau keffiyeh. Ternyata, menggunakan thawb juga ada waktunya lho, biasanya orang-orang timur tengah memakai Thawb yang berwarna putih ketika musim panas, namun ketika musim dingin orang-orang menggunakan Thawb dengan warna gelap misalnya warna hitam, biru dongker, dan warna gelap lainnya.

Baju Gamis PriaTentunya menggunakan gamis pria atau Thawb di Arab juga disesuaikan dengan bahannya, jika pemakaian di musim dingin tentunya memakai bahan yang tebal berbahan woll, sebaliknya pemakaian Thawb di musim panas menggunakan bahan tipis yang terbuat dari katun agar menyerap keringat dan aktivitas sehari-hari anda tidak terganggu. Gamis pria dari segi bahan dan warnanya ternyata ada artinya tersendiri bukan?

Menggunakan gamis pria modern, berarti anda menjunjung tinggi beberapa point-point dalam adab berpakaian lelaki muslim, adapun beberapa adab berpakaian lelaki muslim yang dicerminkan oleh pria yang memakai gamis adalah sebagai berikut,

  1. Menutup Aurat

Menutup aurat adalah suatu kewajiban semua muslim. Dalam HR Muslim, 388, Rasulullah SAW bersabda “Janganlah seorang laki-laki melihat aurat laki-laki lainnya…” Adapun aurat laki-laki ditetapkan dari pusar hingga lutut. Tentunya dengan menggunakan gamis pria terbaru, aurat akan tertutupi.

  1. Kesederhanaan dalam Berpakaian

Dalam Islam, diajarkan mengenai kesederhanaan dalam berpakaian, janganlah memakai pakaian yang mewah dan mahal karena memakai pakaian yang mewah dan mahal akan mendekatkanmu pada sifat sombong. Menggunakan pakaian yang sederhana juga akan mendekatkan seseorang dengan orang yang kurang mampu. Menggunakan gamis pria yang seperti jubah tentunya mencerminkan kesederhanaan bagi pemakainya.

  1. Memakai Pakaian Berwarna Putih

Menurut HR. Ahrmad, and-Nasaa’I dan keduanya, memakai baju berwarna putih lebih baik daripada warna lain. Kebanyakan gamis dibuat dengan warna putih. Hal inilah yang mendasari mengapa di negara timur tengah yang mayoritas agamanya islam memakai gamis berwarna putih.

  1. Jangan Menggunakan Pakaian Syuhrah

Pakaian syuhrah adalah pakaian yang membuat pemakainya menjadi titik perhatian banyak orang, banyak sekali kriteria yang termasuk pakaian syuhrah, bisa karena pakaian tersebut berbeda dari yang lain, mencolok, mewah, dan pakaian lainnya yang mengundang perhatian.

  1. Gunakan Pakaian dari Sebelah Kanan Terlebih Dahulu

Nabi Muhammad SAW menyukai orang yang mendahulukan memakai pakaian dengan bagian kanan dibandingkan kiri. Tidak hanya pakaian, adab ini juga dapat diaplikasikan ketika menggunakan sandal, memakai celana, bersuci, dan lain-lain.

  1. Jangan Pakai Pakaian hingga melewati Mata Kaki

Menggunakan pakaian yang meleati mata kaki atau isbal merupakan dosa besar. Isbal adalah perbuatan yang diharamkan meskipun tidak diertai dengan kesombongan. Oleh karena itu, baiknya anda menggunakan gamis atau sarung atau celana tepat di tengah betis, sedikit di atas tengah betis, dan diantara tengah betis hingga mata kaki.

  1. Tidak memakai emas dan tidak menyerupai pakaian orang kafir

Adab berpakaian bagi pria yang lainnya adalah diharamkan untuk memakai emas. Janganlah anda berpakaian seperti orang kafir, karena barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka sebagai mana dalam HR. Abu Dawud.

Itulah beberapa adab bagi pria dalam berpakaian. Sebagaimana yang kita ketahui, menggunakan gamis di Indonesia merupakan hal yang aneh atau hal yang berbeda dengan yang lainnya. Di Era yang modern ini, penggunaan gamis dan desain gamis pria tidak hanya kain jubah polos yang menjuntai saja, namun banyak sekali jenis-jenisnya yang dapat membuat anda lebih terlihat gagah, modis, elegan, dan agamis. Tidak hanya kalangan bapak-bapak saja, penggunaan gamis juga banyak dipakai oleh anak-anak hingga remaja dan dewasa lho! Lalu apa saja sih jenis-jenis gamis tersebut? Langsung saja disini kami akan memberikan ulasannya,

  1. Model Gamis Jubba Morroco

Gamis dengan model Jubba Morroco cukup trend dan populer, gamis ini terdiri dari berbagai warna, namun biasanya banyak yang memproduksinya dengan warna coklat atau abu. Model ini mempunyai kerah berupa kancing atau resleting. Bahkan ada juga tambahan penutup kepala pada model ini, model ini cukup simpel atau sederhana sebagaimana fungsi dari baju gamis pria tersebut, namun meskipun sederhana, gamis ini akan memberikan kesan elegan bagi pemakainya.

  1. Model Gamis Jubba Sulaiman Thobe

Jenis gamis ini mirip dengan model gamis Jubba Morocco, namun tidak hanya terdapat kancing dibagian kerah, namun dibagian lengannya juga terdapat kancing dan lengannya dibuat seperti lengan kemeja. Model gamis ini cukup populer dan banyak peminatnya karena desainnya yang elegan.

  1. Model Gamis Tuxedo

Sesuai dengan namanya ‘Tuxedo’ gamis ini merupakan model gamis yang cukup press dibagian dada. Gamis ini cocok bagi anda yang ingin tetap tampil modis. Biasanya mempunyai lengan ½ atau ¾. Dengan kerah dibagian leher dengan resleting, dan kancing dibagian lengan.

  1. Model Gamis Polos

Sesuai dengan nama jenisnya, model gamis pria putih polos hanya terdiri dari gamis dengan warna tertentu, tanpa ada corak. Gamis ini sama seperti gamis pria yang digunakan di Timur Tengah, kesan kesederhanaan dalam model gamis ini sangat melekat.

  1. Model Long Sleeve

Model gamis ini biasanya dipadukan dengan celana. Ada juga yang ukurannya panjang sehingga tidak usah dipadukan lagi dengan celana. Gamis ini cukup simpel untuk dipakai.

Menggunakan gamis pria arab saudi adalah model yang disukai Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan alasan pakaian gamis lebih tertutup daripada memakai izard an rida (pakaian atasan dan bawahan). Nabi menggunakan gamis karena tradisi masyarakat setempat (di daerah Timur Tengah) waktu itu menggunakan gamis. Hal tersebut bertujuan agar tidak tampil beda yang kemudian menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Jadi, yang dianjurkan adalah mengenakan pakaian dengan model yang biasa dipakai ditengah-tengah masyarakat.

Di indonesia mendapatkan Baju Gamis tidak susah untuk mendapatkannya, karena sudah banyak distributor gamis pria Bogor, Bekasi, Bandung, Jakarta, Surabaya, Jogja, Palembang.

Demikianlah informasi mengenai gamis pria mulai dari gamis pria sunnah sebagai pencermin adab berpakaian bagi laki-laki dan model gamis pria pakistan yang populer tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!

author
Author: 

    Leave a reply "Serba Serbi Mengenai Gamis Pria"